QS-QS UM QH
Jumlah
Soal | : | 40
Butir |
Bentuk
Soal | : | Objektif (A,
B, C, D, E) |
Jadwal UM | : | 16 Maret 2021 |
1. Disajikan QS. al-Mukminun/23 : 12-14 tentang fase penciptaan manusia, peserta didik menentukan maksud salah satu ayat tersebut, secara tepat
2.
Disajikan beberapa perilaku manusia terkait QS. al-Baqarah/2 : 30-32
tentang manusia sebagai khalifah di bumi, peserta didik menentukan perilaku-
perilaku yang merupakan cerminan penerapan ayat tersebut, secara tepat
3.
Disajikan salah satu ayat dari QS. al-Isra’/17 : 23–24 tentang sikap
kepada kedua orang tua, peserta didik menentukan maksud ayat tersebut, secara
tepat
4.
Ditampilkan HR. Muslim dari Abu Hurairah tentang berbakti kepada kedua
orang tua, peserta didik menentukan sikap yang mencerminkan penerapan hadis
ini, secara tepat.
5.
Disajikan QS. an-Nur/24 : 2 tentang hukuman bagi pezina, peserta didik
menentukan maksud ayat secara tepat.
6.
Disajikan sebuah ilustrasi berupa
narasi/ berita /gambar tentang
perbuatan keji, dan hadis HR. Bukhari dari Abu Hurairah tentang iman yang kuat
mencegah perbuatan keji, peserta didik menentukan pernyataan yang paling sesuai
kandungan hadis tersebut secara tepat.
7.
Disajikan QS. al-Hujurat/49 : 13, peserta didik menentukan perilaku yang merupakan cerminan kandungan ayat tersebut, secara tepat.
8.
Disajikan QS. at-Taubah/9 : 122 tentang kewajiban menuntut ilmu, peserta
didik menentukan perilaku yang mencerminkan penerapan kandungan ayat, secara
tepat.
9.
Disajikan sebuah ilustrasi berupa narasi/ berita/gambar tentang tanggung
jawab dan QS. at-Tahrim/66 : 6 tentang tanggung jawab dalam keluarga, peserta
didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan ayat secara tepat.
10. Ditampilkan HR. Abu Daud dari Rabi’ bin Sabrah
tentang memerintahkan anak untuk menegakkan shalat, siswa menentukan perilaku
yang mencerminkan penerapan kandungan hadis secara tepat.
11. Disajikan sebuah ilustrasi berupa
narasi/gambar/pernyataan, dan QS. an-Nahl/16 : 97 tentang balasan amal shalih,
peserta didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan ayat secara tepat.
12. Disajikan QS. al-Jumu‘ah /62 : 10 tentang
beribadah dan berusaha, peserta didik menentukan maksud ayat, secara tepat.
13. Disajikan narasi tentang keseimbangan dunia dan
akhirat, peserta didik menentukan ayat yang sesuai dengan narasi tersebut,
secara tepat.
14. Disajikan QS. al-Baqarah/2 :168-169 tentang
mengonsumsi makanan yang baik dan halal, peserta didik menentukan maksud salah
satu frase yang ditentukan, secara tepat.
15. Ditampilkan QS. al-Baqarah/2 : 172-173 tentang
mengonsumsi makanan yang baik, peserta
didik menentukan perilaku yang merupakan cerminan penerapan ayat ini, secara
tepat.
16. Disajikan QS. QS. al-Isra’/17 : 26 atau 27
tentang kesederhanaan dalam hidup peserta didik menentukan maksud ayat tersebut
dengan tepat.
17. Disajikan
QS. al-Baqarah/2 : 177 tentang beberapa macam kebajikan peserta didik
menentukan pernyataan yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut secara tepat.
18. Disajikan beberapa perilaku manusia dan QS.
al-Ma‘un/107 : 1-7 tentang bermegah-megahan di dunia, peserta didik menentukan
perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat dengan tepat.
19. Disajikan ilustrasi berupa sebuah narasi/
gambar/berita dan sebuah hadis tentang keutamaan memberi, peserta didik
menentukan keterkaitan ilustrasi dengan kandungan hadis secara tepat.
20. Disajikan QS. al-Baqarah/2 : 155 macam-macam ujian dari Allah Swt peserta didik menentukan jenis ujian dalam ayat dengan tepat.
21. Disajikan beberapa perilaku manusia terkait musibah dan QS. Ali Imran/3 : 186 tentang keniscayaan ujian dari Allah Swt, peserta didik menentukan perilaku yang mencerminan kandungan ayat secara tepat.
22. Disajikan HR. Muslim dari Suhaib tentang sikap
orang mukmin dalam keadaan apapun dan narasi tentang suatu musibah, siswa
menentukan keterkaitan hadis dengan narasi, dengan tepat.
23. Disajikan QS. ar-Rum/30 : 41 kerusakan alam di
bumi, peserta didik menentukan maksud ayat tersebut secara tepat.
24. Disajikan QS. al-A‘raf/7 : 56 tentang larangan
berbuat kerusakan di bumi peserta didik menentukan perilaku yang merupakan
penerapan kandungan ayat secara tepat.
25. Disajikan ilustrasi berupa sebuah gambar/
narasi/ grafik/ potongan berita tentang fenomena alam dan QS. al- Furqan/25 :
47, peserta didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan kandungan ayat,
secara tepat.
26. Disajikan HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik
tentang menanam tanaman, peserta didik menentukan pernyataan yang sesuai dengan
kandungan hadis, secara tepat
27. Disajikan QS. Yunus/10 : 101 tentang perintah
memperhatikan gejala alam, peserta didik menentukan maksud pokok ayat secara
tepat.
28. Disajikan beberapa perilaku manusia terkait ilmu
pengetahuan dan QS. al- Baqarah [2]: 164 tentang fenomena alam sebagai sumber
ilmu pengetahuan, peserta didik menentukan perilaku-perilaku yang merupakan
cerminan penerapan kandungan ayat, secara tepat.
29. Disajikan QS. al-Hujurat/49 : 6 tentang sikap
selektif terhadap setiap informasi, peserta didik menentukan pernyataan yang
sesuai dengan kandungan ayat secara tepat.
30. Disajikan QS. an-Nahl/16 : 125 tentang kewajiban
berdawah, peserta didik menentukan metode dakwah, secara tepat.
31. Disajikan HR. Muslim dari Abu Hurairah tentang
balasan bagi motivator kebaikan, peserta didik menentukan arti sebagian hadis
tersebut secara tepat.
32. Disajikan QS. asy-Syu‘ara‘/26 : 214–216, tentang
fase dakwah secara sembunyi-sembunyi, QS. al-Hijr/15 : 94–96 tentang dakwah
secara terang-terangan, peserta didik menentukan perbedaan strategi dakwah
dalam ayat-ayat tersebut, secara tepat.
33. Disajikan QS. Ali Imran/3 : 104 tentang
kewajiban amar makruf nahi munkar, peserta didik menentukan maksud ayat secara
tepat.
34. Disajikan QS. al-Maidah/5 : 78-79 tentang
ancaman bagi yang tidak amar makruf nahi munkar, peserta didik menentukan
perilaku agar terhindar dari ancaman tersebut, secara tepat
35. Disajikan QS. Ali Imran/3 : 110 tentang umat
terbaik, peserta didik menentukan kriteria umat terbaik sesuai kandungan ayat,
secara tepat
36. Disajikan HR. Muslim dari Abu Said tentang
perintah mengubah kemunkaran sesuai kemampuan, peserta didik menentukan
pernyataan yang paling sesuai dengan hadis tersebut, secara tepat.
37. Disajikan QS. asy-Syura/42 : 38 tentang
musyawarah, peserta didik menentukan maksud ayat tersebut secara tepat.
38. Disajikan QS. Ali Imran/3 : 159 tentang prinsip
berberdemokrasi, peserta didik menentukan perilaku yang merupakan cerminan dari
ayat tersebut, secara tepat.
39. Disajikan QS. al-Maidah/5 : 8–10 tentang
menegakkan keadilan, peserta didik menentukan maksud sebagian dari ayat tersebut,
secara tepat.
40. Disajikan HR. Muslim dari Abdullah tentang
dampak dari sikap jujur dan dusta, peserta didik menentukan pernyataan yang
paling sesuai dengan hadis secara tepat.
Komentar
Posting Komentar