QS-QS UM QH

 

Jumlah Soal

:

40 Butir

Bentuk Soal

:

Objektif (A, B, C, D, E)

Jadwal UM

:

16 Maret 2021

 

1.        Disajikan QS. al-Mukminun/23 : 12-14 tentang fase penciptaan manusia, peserta didik menentukan maksud salah satu ayat tersebut, secara tepat

2.        Disajikan beberapa perilaku manusia terkait QS. al-Baqarah/2 : 30-32 tentang manusia sebagai khalifah di bumi, peserta didik menentukan perilaku- perilaku yang merupakan cerminan penerapan ayat tersebut, secara tepat

3.        Disajikan salah satu ayat dari QS. al-Isra’/17 : 23–24 tentang sikap kepada kedua orang tua, peserta didik menentukan maksud ayat tersebut, secara tepat

4.        Ditampilkan HR. Muslim dari Abu Hurairah tentang berbakti kepada kedua orang tua, peserta didik menentukan sikap yang mencerminkan penerapan hadis ini, secara tepat.

5.        Disajikan QS. an-Nur/24 : 2 tentang hukuman bagi pezina, peserta didik menentukan maksud ayat secara tepat.

6.        Disajikan sebuah ilustrasi berupa  narasi/ berita /gambar  tentang perbuatan keji, dan hadis HR. Bukhari dari Abu Hurairah tentang iman yang kuat mencegah perbuatan keji, peserta didik menentukan pernyataan yang paling sesuai kandungan hadis tersebut secara tepat.

7.        Disajikan QS. al-Hujurat/49 : 13, peserta didik menentukan perilaku  yang merupakan cerminan kandungan ayat  tersebut, secara tepat.

8.        Disajikan QS. at-Taubah/9 : 122 tentang kewajiban menuntut ilmu, peserta didik menentukan perilaku yang mencerminkan penerapan kandungan ayat, secara tepat.

9.        Disajikan sebuah ilustrasi berupa narasi/ berita/gambar tentang tanggung jawab dan QS. at-Tahrim/66 : 6 tentang tanggung jawab dalam keluarga, peserta didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan ayat secara tepat.

10.    Ditampilkan HR. Abu Daud dari Rabi’ bin Sabrah tentang memerintahkan anak untuk menegakkan shalat, siswa menentukan perilaku yang mencerminkan penerapan kandungan hadis secara tepat.

11.    Disajikan sebuah ilustrasi berupa narasi/gambar/pernyataan, dan QS. an-Nahl/16 : 97 tentang balasan amal shalih, peserta didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan ayat secara tepat.

12.    Disajikan QS. al-Jumu‘ah /62 : 10 tentang beribadah dan berusaha, peserta didik menentukan maksud ayat, secara tepat.

13.    Disajikan narasi tentang keseimbangan dunia dan akhirat, peserta didik menentukan ayat yang sesuai dengan narasi tersebut, secara tepat.

14.    Disajikan QS. al-Baqarah/2 :168-169 tentang mengonsumsi makanan yang baik dan halal, peserta didik menentukan maksud salah satu frase yang ditentukan, secara tepat.

15.    Ditampilkan QS. al-Baqarah/2 : 172-173 tentang mengonsumsi makanan yang  baik, peserta didik menentukan perilaku yang merupakan cerminan penerapan ayat ini, secara tepat.

16.    Disajikan QS. QS. al-Isra’/17 : 26 atau 27 tentang kesederhanaan dalam hidup peserta didik menentukan maksud ayat tersebut dengan tepat.

17.    Disajikan  QS. al-Baqarah/2 : 177 tentang beberapa macam kebajikan peserta didik menentukan pernyataan yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut secara tepat.

18.    Disajikan beberapa perilaku manusia dan QS. al-Ma‘un/107 : 1-7 tentang bermegah-megahan di dunia, peserta didik menentukan perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat dengan tepat.

19.    Disajikan ilustrasi berupa sebuah narasi/ gambar/berita dan sebuah hadis tentang keutamaan memberi, peserta didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan kandungan hadis secara tepat.

20.    Disajikan  QS. al-Baqarah/2 : 155 macam-macam ujian dari Allah Swt peserta didik menentukan jenis ujian dalam ayat dengan tepat.

21.    Disajikan beberapa perilaku manusia terkait musibah dan QS. Ali Imran/3 : 186 tentang keniscayaan ujian dari Allah Swt, peserta didik menentukan perilaku yang mencerminan kandungan ayat secara tepat.

22.    Disajikan HR. Muslim dari Suhaib tentang sikap orang mukmin dalam keadaan apapun dan narasi tentang suatu musibah, siswa menentukan keterkaitan hadis dengan narasi, dengan tepat.

23.    Disajikan QS. ar-Rum/30 : 41 kerusakan alam di bumi, peserta didik menentukan maksud ayat tersebut secara tepat.

24.    Disajikan QS. al-A‘raf/7 : 56 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi peserta didik menentukan perilaku yang merupakan penerapan kandungan ayat secara tepat.

25.    Disajikan ilustrasi berupa sebuah gambar/ narasi/ grafik/ potongan berita tentang fenomena alam dan QS. al- Furqan/25 : 47, peserta didik menentukan keterkaitan ilustrasi dengan kandungan ayat, secara tepat.

26.    Disajikan HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik tentang menanam tanaman, peserta didik menentukan pernyataan yang sesuai dengan kandungan hadis, secara tepat

27.    Disajikan QS. Yunus/10 : 101 tentang perintah memperhatikan gejala alam, peserta didik menentukan maksud pokok ayat secara tepat.

28.    Disajikan beberapa perilaku manusia terkait ilmu pengetahuan dan QS. al- Baqarah [2]: 164 tentang fenomena alam sebagai sumber ilmu pengetahuan, peserta didik menentukan perilaku-perilaku yang merupakan cerminan penerapan kandungan ayat, secara tepat.

29.    Disajikan QS. al-Hujurat/49 : 6 tentang sikap selektif terhadap setiap informasi, peserta didik menentukan pernyataan yang sesuai dengan kandungan ayat secara tepat.

30.    Disajikan QS. an-Nahl/16 : 125 tentang kewajiban berdawah, peserta didik menentukan metode dakwah, secara tepat.

31.    Disajikan HR. Muslim dari Abu Hurairah tentang balasan bagi motivator kebaikan, peserta didik menentukan arti sebagian hadis tersebut secara tepat.

32.    Disajikan QS. asy-Syu‘ara‘/26 : 214–216, tentang fase dakwah secara sembunyi-sembunyi, QS. al-Hijr/15 : 94–96 tentang dakwah secara terang-terangan, peserta didik menentukan perbedaan strategi dakwah dalam ayat-ayat tersebut, secara tepat.

33.    Disajikan QS. Ali Imran/3 : 104 tentang kewajiban amar makruf nahi munkar, peserta didik menentukan maksud ayat secara tepat.

34.    Disajikan QS. al-Maidah/5 : 78-79 tentang ancaman bagi yang tidak amar makruf nahi munkar, peserta didik menentukan perilaku agar terhindar dari ancaman tersebut, secara tepat

35.    Disajikan QS. Ali Imran/3 : 110 tentang umat terbaik, peserta didik menentukan kriteria umat terbaik sesuai kandungan ayat, secara tepat

36.    Disajikan HR. Muslim dari Abu Said tentang perintah mengubah kemunkaran sesuai kemampuan, peserta didik menentukan pernyataan yang paling sesuai dengan hadis tersebut, secara tepat.

37.    Disajikan QS. asy-Syura/42 : 38 tentang musyawarah, peserta didik menentukan maksud ayat tersebut secara tepat.

38.    Disajikan QS. Ali Imran/3 : 159 tentang prinsip berberdemokrasi, peserta didik menentukan perilaku yang merupakan cerminan dari ayat tersebut, secara tepat.

39.    Disajikan QS. al-Maidah/5 : 8–10 tentang menegakkan keadilan, peserta didik menentukan maksud sebagian dari ayat tersebut, secara tepat.

40.    Disajikan HR. Muslim dari Abdullah tentang dampak dari sikap jujur dan dusta, peserta didik menentukan pernyataan yang paling sesuai dengan hadis secara tepat.

 

 

 -by shol hz-

Komentar

Postingan Populer