QS-QS HADITS-XII \UM
KISI-KISI ILMU HADITS_UM_XII
1.
Disajikan
pernyataan tentang cara periwayatan hadis atau tahamul hadis. Siswa dapat
memilih pernyataan tersebut dengan benar
2.
Disajikan
paparan tentang cara penerimaan hadis. Siswa dapat menyebutkan istilah paparan
tersebut dengan benar
3.
Disajikan
lafadz mengenai penerimaan hadis denagan cara al-qira’ah ‘ala syaikhihi. Siswa
dapat menjelaskan lafadz tersebut dengan
benar
4.
Disajikan
paparan tentang salah satu maksud dari lafadz al-ada. Siswa menyebutkan nama
dari paparan tersebut dengan benar
5.
Disajikan
paparan tentang penjelasan ilmu rijalul hadis. Siswa dapat menyebutkan istilah
lain dari ilmu tersebut dengan benar
6.
Disajikan paparan tentang cabang ilmu yang memiliki
ruang lingkup tertentu. Siswa dapat menyebutkan cakupan dari ilmu rijalul hadis
dengan benar
7.
Disajikan
lafadz definisi ilmu jarh at-ta’dil. Siswa dapat menyebutkan ciri definisi
tersebut dengan benar
8.
Disajikan pernyataan bahwa ayat-ayat Qur’an yang dijadikan sumber
teori dan praktik ilmu jarh at-ta’dil . Siswa dapat memilih potongan ayat
al-Qur’an dengan benar
9.
Disajikan paparan tentang
definisi suatu hadis. Siswa dapat menyebutkan deinisi dari paparan tersebut
dengan benar
10. Disajikan
pernyataan bahwa hadis dapat diketahui dengan mudah berasal dari agama dan mutawatir
diantara kaum muslimin bahwa nabi melakukannya atau memerintahkan. Siswa dapat
menyebutkan definisi dari pernyataan tersebut dengan benar
11. Disajikan sebuah lafadz hadis. Siswa dapat menyebutkan
pengertian dari hadis tersebut dengan benar
12. Disajikan paparan bahwa hadis yang diriwayatkan
tiga rawi atau lebih pada tiap thabaqat dan belum mencapai drajat mutawatir.
Siswa dapat menyebutkan pengertian dari paparan tersebut dengan benar
13. Disajikan sebuah pernyataan tentang hadis.
Siswa dapat menyebutkan pernyataan dari hadis tersebut dengan benar
14. Disajikan salah satu hadis yang diriwayatkan oleh banyak
imam termasuk Bukhari dan Muslim. Siswa dapat menyebutkan nama hadis tersebut
dengan benar
15. Disajikan
paparan tentang kedudukan hadis shahih. Siswa dapat menyebtkan syarat-syarat
hadis shahih dengan benar
16. Disajikan pernyataan bahwa hadis hasan
dijadikan hujjah untuk menentukan
masalah aqidah atau keimanan . Siswa dapat menjelaskan definisi hadis hasan
dengan benar
17. Disajikan contoh lafadz hadis. Siswa dapat menyebutkan
jenis hadis tersebut dengan benar
18. Disajikan pernyataan tentang hadis da’if. Siswa
dapat mengelompokan hadis da’if berdasarkan cacat rawi dalam sanad
19. Disajikan pengertian tentang sahabat nabi.
Siswa dapat menyebutkan ulama yang mengemukakan pengertian tersebut dengan
benar
20. Disajikan pengertian tentang takhrij hadis. Siswa dapat
menyebutkan ulama yang mengemukakan definisi tersebut dengan benar
21. Disajikan paparan tentang Imam Bukhari. Siswa
dapat menyebutkan nama lengkap dari Imam Bukhari dengan benar
22. Disajikan salah satu judul kitab yang termasuk
kitab al- Jami’ yang merupakan koleksi kitab hadis. Siswa dapat menyebutkan
imam yang mengoleksi kitab tersebut dengan benar
23. Disajikan
tentang kitab Shahih Muslim yang memiliki karakteristik tersendiri. Siswa dapat
menjelaskan maksud dari karakteristik
tersebut dengan benar
24. Disajikan paparan tentang Imam Tirmidzi. Siswa
dapat menyebutkan salah satu kitab karya Imam Tirmidzi dengan benar
25. Disajikan pernyataan bahwa kitab Sunan an-nasa’i
termasuk al-Kutub al-Shihah as-Sittah. Siswa dapat menyebutkan pembagian kitab
tersebut dengan benar
26. Disajikan paparan
tentang kitab Sunan Abu Daud. Siswa dapat menyebutkan jumlah hadis yang di
cantumkan dalam kitab sunan-nya dengan benar
27. Disajikan pernyataan tentang kitab Sunan Abu Daud yang isinya terdapat
hadis-hadis da’if yang diberi komentar. Siswa dapat menjelaskan alasan pemuatan
hadis da’if tersebut dengan benar
28. Disajikan pernyataan tentang kitab Syarah Sunan
Abu Daud. Siswa dapat menyebutkan penyusun dari kitab tersebut dengan benar
29. Disajikan paparan tentang Imam an-Nasa’i. Siswa
dapat menyebutkan nama lengkap Imam an-Nasa’i dengan benar
30. Disajikan paparan tentang Imam an-Nasa’i. Siswa
dapat menyebutkan orang yang berjasa memperkenalkan kitab tersebut dengan benar
31. Disajikan tentang kitab Sunan an-Nasa’i yang
beredar saat ini hasil dari seleksi ulang kitab sebelumnya. Siswa dapat
menyebutkan nama lain dari kitab Sunan an-Nasa’i dengan benar
32. Disajikan pendapat Abu Zahrah tentang Sunan
an-Nasa’i. Siswa dapat menyebutkan jumlah hadis pada kitab tersebut dengan
benar
33. Disajikan
pernyataan tentang kitab sunan Ibnu Majah. Siswa dapat menyebutkan ulam pertama
yang menjadikan kitab sunan Ibnu Majah sebagai kitab ke enam dengan benar
34. Disajikan paparan tentang Abu Hurairah sebagai
seorang sahabat yang mendapat julukan bendaharawan hadis. Siswa dpat
menyebutkan nama asli beliau dengan benar
35. Disajikan
faktor- faktor yang menyebabkan Abu Hurairah banyak periwayatannya. Siswa dapat
mengelompokkan faktor-faktor tersebut dengan benar
36. Disajikan
paparan tentang Abdullah bin Umar yang masuk Islam usia 10 tahun dan tidak
diizinkan untuk mengikuti perang uhud oleh nabi. Siswa dapat menyebutkan alasan
tersebut dengan benar
37. Disajikan
pernyataan tentang Sa’id bin Musayyab yang alim, banyak ilmunya. Siswa dapat
menyebutkan gelar yang diberikan kepada beliau dengan benar
38. Disajikan paparan
tentang Hasan al- Bashri sebagai salah seorang tokoh hadis pada masa tabi’in
yang berguru kepada para sahabat nabi. Siswa dapat menyebutkan nama asli dari
beliau dengan benar
39. Disajikan paparan
tentang Imam al- Bukhari yang pernah diuji oleh beberapa ulama yang menyodorkan
100 buah hadis kepadanya. Siswa dapat menyebutkan tempat dimana peristiwa
tersebut dialami oleh Imam al- Bukhari dengan benar
40. Disajikan paparan
tentang Imam Ibnu Majah sebagai salah seorang dari enam Imam hadis yang
terkenal ahli dalam tafsir al-Qur’an dan sejarah kebudayaan Islam. Siswa dapat
menyebutkan karya terbesar dari Imam Ibnu Majah dengan benar
PELAJARI BUKU SOAL
JAWAB HADITS YANG BAPAK SUSUN
PELAJARI BUKU PAKET
(E-BOOK) HADITS KELAS X, XI DAN XII
-by shol hz-
Komentar
Posting Komentar